Fraksi PKSKabar Fraksi

Deni Salurkan Sembako dari PKS Sumedang Untuk Korban Banjir di Ujungjaya

SUMEDANG – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi PKS, Deni Agus Setiawan memberikan bantuan sembako untuk korban banjir bandang di Kecamatan Ujungjaya, Rabu (10/2/2021). Bantun itu, disalurkan untuk tiga desa terdampak, yakni Desa Ujungjaya, Desa Sakurjaya dan Desa Sukamulya.

Dalam kesempatan itu, Deni yang duduk di Komisi IV DPRD Sumedang, menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang terjadi pada Minggu (7/2/2021) lalu itu. Untuk itu Deni berharap, adanya bantuan yang disalurkan dari Fraksi PKS dan DPD PKS Sumedang, dapat membantu untuk kebutuhan warga korban banjir bandang dalam masa pemulihan pasca bencana.

“Kami (PKS Sumedang) salurkan sembako yang kami bagi untuk tiga desa terdampak banjir bandang. Semoga apa yang diberikan, dapat bermanfaat bagi para korban banjir,” kata Deni.

Disebutkan Deni, dari keseluruhan wilayah yang ada di Kecamatan Ujungjaya, Dusun Leuwi Awi Desa Ujungjaya, menjadi titik terparah terjangan banjir bandang. Rumah warga, selain sempat terendam air, juga dipenuhi lumpur yang merupakan luapan dari Sungai Cipelang.

“Dusun Leuwi Awi itu meliputi RW 07. Di sana ada warga RT 1, 2, 3 dan 4 yang terendam banjir bandang. Dusun ini jadi pusat perhatian karena paling parah terdampak banjir bandang,” tuturnya, disela menyalurkan bantuan di pusat Posko Penanganan Banjir Ujungjaya yang ada di Sekolah Dasar Keramatjaya.

Sementara itu, menurut keterangan dari Kanit Intelkam Polsek Ujungjaya, Ipda Tri Atmo P menerangkan, penanganan banjir sudai dimulai dari hari kejadian berupa evakusi hingga surutnya air. Kemudian mulai dilakukan pembersihan sisa banjir, baik di rumah maupun lingkungan sekitar.

“Jumlah warga yang terkena banjir mencapai 252 KK atau 706 jiwa,” tuturnya.

Menurutnya, telah dibentuk juga posko siaga penanganan bencana banjir untuk melakukan koordinasi penanganan. Termasuk juga mengkoordinir bantuan dari berbagai elemen masyarakat hingga menyalurkan bantuan tersebut.

“Hal urgen yang dibutuhkan secara umum sudah terpenuhi. Baik itu sembako, pakaian layak, obat obatan dan alat mandi. Tapi apabila masih ada bantuan, posko penanganan bantuan masih siap menampung untuk kemudian disalurkan,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button