Kabar Fraksi

Fraksi PKS Siap Berkontribusi dalam Pembahasan Raperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah

SUMEDANG — DPRD Kabupaten Sumedang saat ini sedang menggodok tiga buah Rancangan Peraturan Daerah. Yaitu, Raperda tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah; Penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Rancangan; dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Dalam hal ini, terdapat tiga anggota Fraksi PKS yang ikut ke dalam dua Panitia Khusus Pembahasan Raperda tersebut. Yaitu, Deni Agus Setiawan, S.T pada Pansus I yang membahas Raperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, kemudian Anisa Choeriah, S.Pd dan drg. Rahmat Juliadi, M.Hkes pada Pansus II Raperda Penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan Raperda Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Deni mengatakan, pembahasan Raperda usulan Permerinta Daerah Kabupaten Sumedang itu digulirkan seiring dengan Peraturan Pemerintah No 12/2019 yang mana akan menyebabkan perubahan-perubahan tata cara pengelolaan berikut nomenklatur keuangan daerah. Sehingga dalam hal tersebut, kata Deni Pemda bersama DPRD perlu membahasnya untuk menyesuaikan perubahan-perubahan tersebut.

”Lahirnya PP No12 Tahun 2019 itu menyebabkan adanya perubahan-perubahan termasuk nomenklaturnya. Maka dari itu, kami harus menyesuaikannya dengan menerbitkan perda,” ujarnya saat ditemui setelah pembentukan Pansus I dan II, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, Deni mengungkapkan, Fraksi PKS telah menyepakati mengusulkan dirinya untuk masuk ke dalam Pansus I sehubungan dengan kedudukannya di Badan Anggaran yang berkaitan dengan keuangan dan Deni menegaskan pihaknya akan berupaya berkontribusi memberikan sumbangsih berbagai masukan pemikiran dalam pembahasan Raperda tersebut.

”Dan di Fraksi kami bersepakat mengusulkan saya karena saya berada di Banggar, karena ini menyangkut keuangan karena itu sayalah yang didorong.

Mudah-mudahan banyak kontribusi masukan pemikiran dari kami yang bisa membantu terbentuknya raperda yang bagus yang bisa bermanfaat bagi Pemda dan masyarakat Sumedang,” ungkapnya.

Selengkapnya
Back to top button