Fraksi PKS

Banyak Warga Belum Miliki Dokumen Kependudukan, Ely Walimah Siap Advokasi Sampai Dinas

WARGA Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, nampaknya masih banyak yang belum memiliki KTP, KK ataupun Akta Kelahiran.

Hal ini, diketahui langsung Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Ely Walimah, S.K.M, M.Si dalam agenda Reses Masa Persidangan 1 Tahun 2020/2021 yang digelar di Dusun Paniis desa tersebut, Selasa (24/11).

Menyikapi kondisi ini, anggota Komisi I DPRD Sumedang yang membidangi pemerintahan itu, pun siap memfasilitasi warga, guna memiliki dokumen kependudukannya masing-masing. Namun begitu, Ely Walimah menyarankan kepada warga yang belum memiliki dokumen kependudukan, agar terlebih dahulu melakukan beberapa langkah normatif yang harus ditempuh untuk pembuatan KTP/KK/Akta

Salahsatunya, membuat surat pengantar dari desa. Sedangkan berkas yang lainnya, dapat dibuat atau dikumpulkan oleh masyarakat itu sendiri. Terkecuali bagi warga yang kehilangan KTP/KK/Akta, harus membuat surat kehilangan dari polsek setempat.

Sejumlah warga Desa Mulyamekar antusias mengikuti Reses Anggota Komisi II DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Ely Walimah.

“Silahkan bisa diurus sampai tingkat desa diadvokasi oleh karang taruna untuk dibantu proses pemberkasannya. Baru setelah kumplit, pemberkasan dan ada surat pengantar dari desa, giliran saya yang mengadvokasi untuk sampai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata Dewan Dapil II Sumedang itu.

Ely juga meminta kepada warga, agar jangan sungkan memberi masukan kepada para anggota dewan, termasuk dirinya. Apalagi dalam pelaksanaan reses seperti ini, kata Ely, gunanya untuk menyerap secara langsung aspirasi dari masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari tufoksi DPRD, diluar masa sidang untuk terjun ke masyarakat,” tambahnya disela reses yang dihadiri kurang lebih 15 peserta di kediaman Triyatna Noer (tokoh pemuda) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

Pada kesempatan itu juga, tuan rumah yang juga peserta reses, Triyatna Noer ikut menyampaikan bahwa memang masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP/KK/Akta. Dari data yang diimpun dirinya, memang ada sekitar 50 warga belum memiliki dokumen kependudukan itu.

“Mudah-mudahan dengan datangnya bu Ely kesini, mampu mengadvokasi mereka yang membutuhkan KTP/KK/Akta. Karena di sini banyak masyarakat yang tidak tahu mekanisme cara pembuatan KTP/KK/Akta,” harapnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button