Fraksi PKSKabar Fraksi

Deni Agus Setiawan Tinjau Lokasi Banjir yang Rendam 84 Rumah dan 106 Hektar Sawah di Sukamulya

SUMEDANG – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Fraksi PKS, Deni Agus Setiawan, meninjau lokasi banjir di Dusun Borojol RT 04 RW 03 Desa Sukamulya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang, Senin (18/1/2021).

Dari hasil peninjauan Deni, sedikitnya ada 84 rumah warga yang terendam banjir setinggi 30 centimeter. Tak hanya itu, banjir dari luapan Sungai Cihaur itu, juga merendam 106 hektar pesawahan milik warga sekitar.

“Banjir ini hampir setiap tahun terjadi. Selain merendam rumah, sawah petani yang terendam banjir juga bakal mengalami kerugian besar,” kata Deni di lokasi.

Disebutkan Aleg PKS Dapil Tiga Sumedang ini, warga dan petani yang terkena dampak banjir, meminta untuk dilakukannya pengerukan atau normalisasi Sungai Cihaur.

“Kalau tidak segera melakukan pengerukan, akan rutin tiap tahun banjir seperti ini. Tentunya ini harus diupayakan agar dilakukan normalisasi aliran sungai,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Sukamulya, Dandan menyampaikan kepada Deni, bahwa segela upaya telah dilakukan untuk penanggulangan luapan Sungai Cihaur. Salahsatunya meminta dilakukannya pengerukan sungai kepada pihak BBWS.

“Ke BBWS gak ada tanggapan, trus minta pengerukan ke bupati juga sudah dilakukan. Malahan berkas lengkap udah masuk ke pa bupati. Dan ada dua yang kita ajukan, yaitu penangan Sungai Cihaur dan pembuktan embung,” tutur kades. (**)

Selengkapnya
Back to top button