Fraksi PKSFraksi PKS JabarKabar Fraksi

Dihadapan Kang RinSo, Warga Sukamanah Harapkan Perbaikan Infrastruktur Jalan

SUMEDANG – Warga Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang, mengharapkan adanya perbaikan jalan menuju desanya. Sebab selama ini, kondisinya sangat memprihatinkan.

Hal ini disampaikan warga beserta kepala desanya, kepada Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKS, H. Ridwan Solichin, S.IP., M.Si, dalam agenda Reses II Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (4/3/2021).

“Di Desa Sukamanah ini, ada 2.007 KK (Kepala Keluarga) atau 5.206 orang dengan mata pencaharian bertani dan berternak. Tentunya mohon perhatian dari pemerintah Propinsi Jawa Barat, agar dapat memperjuangkan peningkatan jalan menuju Desa Sukamanah yang sangat memprihatinkan,” kata Kepala Desa Sukamanah, Tocin, SE.

Hal sama disampaikan Ketua BPD Sukamanah, Asad. Menurutnya, Jalan Lintas Sukamanah-Banjarsari, dulunya menjadi jalan kabupaten. Namum sampai saat ini, masih tetap menjadi jalan desa. Akses di desanya itu, sering juga dilintasi warga Desa Cimanintin, Cipeundeuy dan juga Banjarsari.

“Harapan kita, tentunya untuk perbaikan akses jalan. Seperti jalan antar Desa Sukamanah-Ciranggem untuk meningkatkan perekonomian. Karena termasuk usaha tani, dan menjadi jalan tercepat menuju kantor kecamatan dan juga puskesmas. Begitu juga jalan kabupaten antara Sukamanah-Cibareubeu serta penguatan jalan kabupaten anatra Sukamanah-Sarimekar segmen pinding angin. Terakhir, minta perhatian untuk lapang sepak bola di Dusun Cibareubeu, Dusun Mekarjaya,” tuturnya.

Tak hanya warga Desa Sukamanah, warga Desa Sarimekar pun ikut mengharapkan adanya bantuan infrastruktur di wilayahnya. Seperti diungkapkan Kang Budi Ridho dari Desa Sarimekar. Dirinya pun mengajukan untuk pembuatan jalan usaha tani.

“Termasuk bantuan pembangunan MI di Dusun Sukamanah Desa Sarimekar dan juga untuk kesejahteran kader partai,” harapnya.

Selain itu, ada juga harapan lainnya yang disampaikan warga kepada Kang RinSo -sapaan akrab- H. Ridwan Solichin. Seperti dikatakan Nana Rusmana, selaku ketua RW.

“Kita berharap juga ada bantuan mobil siaga dan juga bantuan bak sampah,” tuturnya.

Anggota Komis IV DPRD Kabupaten Sumedang, Deni Agus Setiawan, ST.

Dalam kesempatan itu, Kang RinSo yang merupakan dewan provinsi dapil XI Jawa Barat itu berkomitmen untuk menampung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pilihannya, termasuk Desa Sukamanah, dalam memperjuangkan perbaikan insfrastruktur jalan.

Selain itu, Kang RonSo juga berkomitmen untuk terus menjaga siturahmi. Walaupun, kata dia, bila ada halangan, timnya akan tetap hadir sebagai perwakilannya.

“Reses ini, merupakan bagian dari musrenbang dan setara dengan musren. Jadi saat ada usulan yang tercoret, dapat diusulkan kembali di reses. Untuk dapat kita bantu disampaikan aspirasinya. Warga juga harus tahu kalau ada bantuan keuangan desa yang dapat diakses dari provinsi. Saat ini banyak program provinsi yang dapat diakses seperti Jantung Desa, Jamu Desa, Agrowisata atau Desa Wisata,” kata RinSo.

Namun begitu, dalam setiap pengajuan yang disampaikan, Kang RinSo menyampaikan kepada warga untuk memastikan agar judulnya masuk di kabupaten.

“Agar dapat kita bantu usulkan ke provinsi, agar nantinya dapat bantuan keuangan kabupaten (bankeu) atau bantuan keuangan desa (bankudes). Begitu juga untuk mengobati para guru honorer, sekarang ada program P3K. Dan di provinsi juga ada kendaraan mobil maskara yang dapat diakses,” jelasnya.

Di tempat sama, Anggota Komis IV DPRD Kabupaten Sumedang, Deni Agus Setiawan, ST, yang ikut mendampingi Kang RinSo menyampaikan kepada warga, agar dapat menyampaikan harapan sebaik mungkin. Sehingga, dapat benar-benar direalisasikan dikemudian hari.

“Semoga dengan datangnya dewan Provinsi Jawa Barat, H. Ridwan Solichin, S.IP.,M.Si. dapat membawa perubahan terhadap Desa Sukamanah,” tuturnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button