Fraksi PKSKabar FraksiKabar PKS

DPRD Sumedang Dorong Percepatan Perbaikan Bendung Cariang, Deni: Rencananya Juli Tahun Ini

SUMEDANG – Komisi IV DPRD Kabupaten Sumedang, telah mendorong pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung, untuk melakukan perbaikan jebolnya sayap bagian kiri Bendung Cariang yang ada di Desa Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya.

Hal ini dilakukan, atas adanya dorongan juga dari sejumlah desa dan pihak Kecamatan Ujungjaya, untuk mendahulukan perbaikan Bendung Cariang yang jebol saat terjadi banjir bandang di Dusun Leuwiawi Desa Ujungjaya, pada awal Februari lalu.

Seperti dikatakan Anggota Komisi IV DPRD Sumedang dari Fraksi PKS, Deni Agus Setiawan, S.T. Rencananya, pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung, akan melakukan perbaikan Bendung Cariang di pertengahan Tahun 2021 ini.

“Rencana atau agenda yang sudah disampaikan oleh pihak BBWS ke pemerintah desa, kecamatan ataupun Kabupaten Sumedang, akan memperbaiki Bendung Cariang di tahun ini. Kalau tidak salah, rencananya Juli tahun ini,” kata anggota dewan daerah pilihan (dapil) 3 Sumedang itu.

Rencana perbaikan ini diambil, lanjut Deni, selain karena adanya dorongan dari DPRD, pemerintah desa dan juga pihak Kecamatan Ujungjaya, dilakukan karena melihat segi manfaat dari keberadaan Bendung Cariang. Selama ini, bendung tersebut mengairi ribuan hektare pesawahan di enam desa yang ada di Kecamatan Ujungjaya.

Meski sempat dilakukan perbaikan darurat di Bendungan Cariang sebanyak dua kali dengan menurunkan alat berat, tambah Deni, belum membuahkah hasil yang maksimal. Perbaikan darurat dengan membuat tanggul saluran agar air sungai dapat masuk ke saluran intake, tidak berjalan lama.

“Jebol lagi-jebol lagi (tanggul darurat). Dua kali perbaikan, dua kali jebol lagi. Jadi belum maksimal meski saat itu sudah menurunkan alat berat,” tambahnya.

Deni pun menjelaskan, percepatan rencana perbaikan Bendung Cariang ini, dapat dilakukan dengan mengalihkan rencana kegiatan normalisasi Sungai Cihaur dan Sungai Cipelang oleh BBWS. Kedua sungai ini, sering meluap hingga terjadi banjir yang merendam pemukiman dan juga ratusan hektar sawah petani.

Waktu itu (pasca banjir), DPRD Sumedang meminta kepada BBWS Cimanuk-Cisanggarung, untuk melakukan normalisasi kedua sungai itu. Hasilnya, diagendakan untuk dilakukan normalisasi pada Juli tahun ini di kedua sungai yang rutin meluap saat musim hujan datang.

“Namun karena saat ini Bendung Cariang jebol dan juga pemanfaatannya hampir untuk semua desa di Ujungjaya dan ribuan hektar pertanian yang butuh air, jadi rencana itu (normalisasi) dialihkan ke perbaikan Bendung Cariang,” tukasnya. (**)

Selengkapnya
Back to top button